Pencarian

Thursday, October 24, 2019

MAKALAH GLOBALISASI, BENTUK DAN CARA MENGHADAPINYA

Tags




BAB 1
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Globalisasi sangat berpengaruh bagi kehidupan bermasyarakat. Terdapat banyak perubahan yang terjadi akibat globalisasi, seperti perubahan dalam segi sosial, kebudayaan, dan lain-lain. Globalisasi mempunyai berbagai bidang kehidupan mulai dari bidang IPTEK,komunikasi,Transportasi,ekonomi,dan budaya.globalisasi juga membawa pengaruh terhadap perubahan sosial budaya dalam masyarakat. Globalisasi yang sudah melanda berbagai kawasan dunia harus diimbangi dengan terciptanya hukum internasional yang imbang. Globalisasi juga akan berdampak positif maupun negatif bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Dalam makalah ini akan dibahas bagaimana cara menyikapi dampak negatif globalisasi yang timbul dalam kehidupan masyarakat
B.   Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan Globalisasi?
2.      Apa saja  bentuk-bentuk Globalisasi?jelaskan!
3.      Apa dampak positif dan negatif Globalisasi?
4.      Apa saja dampak dari globalisasi bagi indonesia di bidang ekonomi?
5.     Apa upaya untuk menghadapi globalisasi di bidang budaya?

C.   Tujuan Makalah

1.      Mengetahui pengertian dari Globalisasi.
2.      Mengetahui bentuk bentuk Globalisasi beserta penjelasannya.
3.      Mengetahui dampak positif dan negatif dari Globalisasi.
4.      Mengetahui dampak Globalisasi bagi indonesia di bidang ekonomi.
5.      Mengetahui upaya dampak negatif dari Globalisasi.



BAB II
PEMBAHASAN

Globalisasi adalah suatu proses sosial yang didalamnya kendala geografi terhadap pengaturan sosial dan budaya menjadi surut dan manusia menjadi sadar bahwa pengaturan tersebut menjadi semakin surut.

Bentuk bentuk globalisasi :
a.       Globalisasi bidang budaya
Globalisasi bidang budaya dapat memperkaya budaya bangsa. Namun disisi lain memberikan ancaman terhadap keberadaan budaya lokal bangsa.
Contoh: globalisasi budaya dalam hal bahasa misalnya, bahasa inggris merupakan salah satu contoh bahasa dunia. Semua orang belajar bahasa inggirs untuk dapat komunikasi dengan masyarakat dunia.

b.      Globalisasi bidang komunikasi 
Globalisasi bidang komunikasi dapat dilihat dari kemajuan teknologi komunikasi. Awalnya, masyarakat indonesia berkomunikasi dengan cara tradisional.

c.       Globalisasi bidang ekonomi
Globalisasi ekonomi merupakan suatu aktivitas ekonomi dan perdagangan secara global dan terbuka . Globalisasi ekonomi emang berkaitan erat dengan perdangangan bebas. Contohnya seperti organisasi EFTA (European Free Trade Association), dan EC (European Community). Selain itu, ada organisasi internasional di bidang ekonomi seperti Pepsi, Cola, McDonald, KFC, dan sebagainya.

d.      Globalisasi bidang IPTEK
Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan upaya mencari pengetahuan yang dapat diuji dan diandalkan serta dilakukan secara sistematis menurut tahapan yang teratur dan berdasarkan prinsip serta prosedur tertentu. Teknologi merupakan seluruh perangkat, ide, metode,teknik, atau benda benda meterial yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contohnya seperti komputer, faksimile,handphone,siaran televisi,serta satelit telah mempercepat aliran informasi menembus batas dunia. Tujuan utama perkembangan globalisasi IPTEK adalah perubahan kehidupan masa depan manusia yang lebih baik, mudah, cepat, dan aman.

e.       Globalisasi bidang transportasi
Transportasi adalah pemindahan barang atau manusia dari tempat satu ketempat yang lain. Seiring dengan kebutuhan akan alat transportasi banyak pengusaha melakukan inovasi dalam penerapan transportasi tersebut. Contohnya penggunaan teknologi otomatis dalam mobil,penggunaan radar,pendeteksi kecepatan lalu lintas di depan sehingga mobil dapat mengurangi kecepatan dengan sendirinya,dan sebagainya. Globalisasi transportasi dapat kita contohkan di negara jepang.Jepang alat transportasinya seperti kereta api,sinshinkansen,subway,bus,komputer,dan taksi merupakan sarana transportasi dari penduduknya.

Dampak positif  globalisasi adalah berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi,meningkatnya efektifitas dan efisiensi,perekonomian sutu negara ssemakin meningkat,meningkatnya taraf hidup masyarakat,komunikasi semakin cepat dan mudah,berkembangnya dunia pariwisata,perkembangan alat komunikasi dan keterbukaan informasi.

Dampak negatif globalisasi adalah westernisasi,demoralisasi,kesenjangan sosial ekonomi,kriminalitas,pencemaran lingkungan,kenakalan remaja,dan individualisme yang semakin tinggi.


Dampak Positif globalisasi ekonomi adalah akan menambah devisa bagi negara, perekonomian suatu negara akan semakin meningkat, meningkatnya taraf hidup masyarakat, pendapatan barang akan semakin mudah kita dapatkan.

Dampak Negatif globalisasi ekonomi adalah ekonomi di suatu negara kita akan kalah saing dengan barang luar negara, perkenomian suatu negara akan semakin menurun, banyak kebutuhan perekonomian yang belum terpenuhi.

 
Upaya mengatasi globalisasi di bidang budaya adalah menyaring setiap budaya asing yang masuk ke indonesia untuk kemudian diadaptasi dan digunakan bersama-sama, mempromosi budaya asli indonesia ke kancah internasional untuk menumbuhkan rasa cinta budaya, menyukai dan menggunkan produk-produk indonesia, memperkuat persatuan dan kesatuan antar warga indonesia yang memiliki budaya beragam untuk bersatu melindungi budaya asli indonesia agar tidak luntur terbawa arus globalisasi juga tidak hilang karena diklaim negara lain, 

UNTUK FILE LENGKAPNYA BISA DONWLOAD GOOGLE DOCD DI BAWAH INI  :


Cara Download File :




Contoh Nota Penjualan *.Doc:
Contoh Undangan Kirim Doa Yasin dan Tahlil *.Doc:  
Contoh Undangan Walimatul Urusy *.Doc:  
Contoh Udangan Walimatul Urusy *.Doc:
Contoh Surat Lamaran kerja dan Daftar Riwayat Hidup *.Doc: https://satusgiga.blogspot.com/2017/01/contoh-surat-lamaran-kerja-dan-daftar.html
Contoh Surat Keterangan Ahli Waris *.Doc:
Contoh Laporan Pertanggung Jawaban *.Doc:
Contoh Surat Undangan Wali Murid Santri *.Doc:
Contoh Berita Acara Serah Terima *.Doc:


EmoticonEmoticon