Gus Baha'
KH.
Ahmad Bahauddin Nursalim AlHafidh atau yang lebih akrab dipanggil Gus Baha'
adalah putra seorang ulama' ahli Qur'an KH. Nursalim Al-Hafizh dari Narukan,
Kragan, Rembang, Jawa Tengah, sebuah desa di pesisir utara pulau jawa. KH.
Nursalim adalah murid dari KH. Arwani Al-Hafizh Kudus dan KH. Abdullah Salam
Al-Hafizh Pati.
Silsilah keluarga
Dari
silsilah keluarga ayah beliau inilah terhitung dari buyut beliau hingga
generasi ke-empat kini merupakan ulama'-ulama' ahli Qur'an yang handal.
Silsilah keluarga dari garis ibu beliau merupakan silsilah keluarga besar
ulama' Lasem, Bani Mbah Abdurrahman Basyaiban atau Mbah Sambu yang pesareannya
ada di area Masjid Jami' Lasem, sekitar setengah jam perjalanan dari pusat Kota
Rembang.
Pedidikan
Gus
Baha' kecil memulai menempuh Pendidikan
keilmuan dan hafalan Al-Qur'an di bawah asuhan ayahnya sendiri. Hingga
pada usia yang masih sangat belia, beliau telah mengkhatamkan Al-Qur'an beserta
Qiro'ahnya dengan lisensi yang ketat dari ayah beliau. Memang, karakteristik
bacaan dari murid-murid Mbah Arwani menerapkan keketatan dalam tajwid dan
makhorijul huruf.
Menginjak
usia remaja, Kiai Nursalim menitipkan Gus Baha' untuk mondok dan berkhidmat
kepada Syaikhina KH. Maimoen Zubair di Pondok Pesantren Al Anwar Karangmangu,
Sarang, Rembang, sekitar 10 km arah timur Narukan.
Di
Al Anwar inilah beliau terlihat sangat menonjol dalam fan-fan ilmu Syari'at
seperti Fiqih, Hadits dan Tafsir. Dalam riwayat pendidikan beliau, semenjak
kecil hingga beliau mengasuh pesantren warisan ayahnya sekarang, beliau hanya
mengenyam pendidikan dari 2 pesantren, yakni pesantren ayahnya sendiri di desa
Narukan dan PP. Al Anwar Karangmangu.
Karier
Beliau
selain di pondok pesantren mengabdikan dirinya di Lembaga Tafsir Al-Qur'an
Universitas Islam Indonesa (UII) Yogyakarta. Selain Yogyakarta beliau juga
diminta untuk mengasuh PengajianTafsir Al-Qur'an di Bojonegoro, Jawa Timur. Di
Yogya minggu terakhir, sedangkan di Bojonegoro minggu kedua setiap bulannya.
Di
UII beliau adalah Ketua Tim Lajnah Mushaf UII. Timnya terdiri dari para
Profesor, Doktor dan ahli-ahli Al-Qur'an dari seantero Indonesia seperti Prof.
Dr. Quraisy Syihab, Prof. Zaini Dahlan, Prof. Shohib dan para anggota Dewan
Tafsir Nasional yang lain.
Suatu
kali beliau ditawari gelar Doctor Honoris Causa dari UII, namun beliau tidak
berkenan. Dalam jagat Tafsir Al-Qur'an di Indonesia beliau termasuk pendatang
baru dan satu-satunya dari jajaran Dewan Tafsir Nasional yang berlatar belakang
pendidikan non formal dan non gelar. Meski demikian, kealiman dan penguasaan
keilmuan beliau sangat diakui oleh para ahli tafsir nasional.
Hingga
pada suatu kesempatan pernah diungkapkan oleh Prof. Quraisy bahwa kedudukan
beliau di Dewan Tafsir Nasional selain sebagai Mufassir, juga sebagai Mufassir
Faqih karena penguasaan beliau pada ayat-ayat ahkam yang terkandung dalam
Al-Qur'an. Setiap kali lajnah 'menggarap' tafsir dan Mushaf Al-Qur'an, posisi
beliau selalu di 2 keahlian, yakni sebagai Mufassir seperti anggota lajnah yang
lain, juga sebagai Faqihul Qur'an yang mempunyai tugas khusus mengurai
kandungan fiqh dalam ayat-ayat ahkam Al-Qur'an.
Keluaga dan Kepribadian
Setelah
menyelesaikan pengembaraan ilmiahnya di Sarang,beliau menikah dengan seorang
Neng pilihan pamannya dari keluarga Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan, Jawa
Timur. Ada cerita menarik sehubungan dengan pernikahan beliau. Diriwayatkan,
setelah acara lamaran selesai, beliau menemui calon mertuanya dan mengutarakan
sesuatu yang menjadi kenangan beliau hingga kini. Beliau mengutarakan bahwa
kehidupan beliau bukanlah model kehidupan yang glamor, bahkan sangat sederhana.
Beliau
berusaha meyakinkan calon mertuanya untuk berfikir ulang atas rencana
pernikahan tersebut.
Tentu
maksud beliau agar mertuanya tidak kecewadi kemudian hari. Mertuanya hanya
tersenyum dan menyatakan "klop" alias sami mawon kalih kulo.
Kesederhanaan
beliau ini dibuktikan saat beliau berangkat keSidogiri untuk melangsungkan
upacara akad nikah yang telah ditentukan waktunya. Beliau berangkat sendiri ke
Pasuruan dengan menumpang bus regular alias bus biasa kelas ekonomi. Berangkat
dari Pandangan menuju Surabaya, selanjutnya disambung bus kedua menuju
Pasuruan. Kesederhanaan beliau bukanlah sebuah kebetulan, namun merupakan hasil
didikan ayahnya semenjak kecil.
Beliau
hidup sederhana bukan karena keluarga beliau miskin. Dari silslah keluarga
beliau dari pihak ibu, atau lebih tepatnya lingkungan keluarga di mana beliau
diasuh semenjak kecil,tiada satu keluargapun yang miskin. Bahkan kakek beliau dari jalur ibu
merupakan juragan tanah di desanya.beliau menyatakan bahwa hal tersebut
merupakan karakter keluarga Qur'an yang dipegang erat sejak zaman leluhurnya.
Bahkan
salah satu wasiat dari ayahnya adalah agar beliau menghindari keinginan untuk
menjadi 'manusia mulia' dari pandangan keumuman makhluk atau lingkungannya.
Hal
inilah yang hingga kini mewarnai kepribadian dan kehidupan beliau sehari-hari.
Setelah
menikah beliau mencoba hidup mandiri dengan keluarga barunya. Beliau menetap di
Yogyakarta sejak 2003. Selama di Yogya, beliau menyewa rumah untuk ditempati
keluarga kecil beliau, berpindah dari satu lokasi kelokasi lain. Semenjak beliau
hijrah ke Yogyakarta, banyak santri-santri beliau di Karangmangu yang merasa
kehilangan induknya.
Hingga
pada akhirnya mereka menyusul beliau ke Yogya danurunanatau patungan untuk
menyewa rumah di dekat rumah beliau. Tiada tujuan lain selain untuk tetap bisa
mengaji kepada beliau.
Ada
sekitar 5 atau 7 santri mutakhorijin Al Anwar maupun MGS yang ikut beliau ke
Yogya saatitu.
Saat
di Yogya inilah kemudian banyak masyarakat sekitar beliau yang akhirnya minta
ikut ngaji kepada beliau.
Pada
tahun 2005 ayah beliau KH. Nursalim jatuh sakit. Beliau pulang sementara waktu
untuk ikut merawat ayah beliau bersama keempat saudaranya.
Namun
siapa sangka, beberapa bulan kemudian Kiai Nursalim wafat. Gus Baha' tidakdapat
lagi meneruskan perjuangannya di Yogya sebab beliau diamanahi oleh ayah beliau
untuk melanjutkan tongkat estafet kepengasuhan di LP3IA Narukan.
Banyak
yang merasa kehilangan atas kepulangan beliau ke Narukan.
Akhirnya
para santri beliaupun.sowan dan meminta beliau kerso kembali ke Yogya.
Hingga
pada gilirannya beliau bersedia namun hanya satu bulan sekali, dan itu berjalan
hingga kini. Selain mengasuh pengajian, beliau juga mengabdikan dirinya di
Lembaga Tafsir Al-Qur'an Universitas Islam Indonesa (UII) Yogyakarta.
REPUTASI
KEILMUAN Selain Yogyakarta beliau juga diminta untuk mengasuh PengajianTafsir
Al-Qur'an di Bojonegoro, Jawa Timur.
Di
Yogya minggu terakhir, sedangkan di Bojonegoro minggu kedua setiap bulannya.
Hal
ini beliau jalani secara rutin sejak 2006 hingga kini.
Di
UII beliau adalah Ketua Tim Lajnah Mushaf UII.
Timnya
terdiri dari para Profesor, Doktor dan ahli-ahli Al-Qur'an dari seantero
Indonesia seperti Prof. Dr. Quraisy Syihab, Prof. Zaini Dahlan, Prof. Shohib
dan para anggota Dewan Tafsir Nasional yang lain.
Suatu
kali beliau ditawari gelar Doctor Honoris Causa dari UII, namun beliau tidak
berkenan. Dalam jagat Tafsir Al-Qur'an di Indonesia beliau termasuk pendatang
baru dan satu-satunya dari jajaran Dewan Tafsir Nasional yang berlatar belakang
pendidikan non formal dan non gelar.
Meski
demikian, kealiman dan penguasaan keilmuan beliau sangat diakui oleh para ahli
tafsir nasional.
Hingga
pada suatu kesempatan pernah diungkapkan oleh Prof. Quraisy bahwa kedudukan
beliau di Dewan Tafsir Nasional selain sebagai Mufassir, juga sebagai Mufassir
Faqih karena penguasaan beliau pada ayat-ayat ahkam yang terkandung dalam
Al-Qur'an. Setiap kali lajnah 'menggarap' tafsir dan Mushaf Al-Qur'an,
posisi
beliau selalu di 2 keahlian, yakni sebagai Mufassir seperti anggota lajnah yang
lain, juga sebagai Faqihul Qur'an yang mempunyai tugas khusus mengurai
kandungan fiqh dalam ayat-ayat ahkam Al-Qur'an.
EmoticonEmoticon