Pencarian

Wednesday, March 8, 2017

Pengertian dan Macam-macam Jenis Mobil Otonomos





Pengertian Mobil Otonomos / Mobil Robot
Mobil otonomos adalah mobil yang menggunakan teknologi kendali otomatis untuk membantu kerja dari sopir untuk mengendalikan laju kendaraannya. mulai dari pengeriman, percepatan, memantau kondisi lingkungan sekitar, dan mengambil alih penyetiran mobil. 

Dalam melakukan kendali otomatis mobil otonomos, dibagi menjadi 6 tingkatan Macam-Macam Jenis Mobil Otonomos berikut beberapa tingkatan kendali mobil otonomos :


Level 0
Kategori mobil otonomos ini hanya menyediakan teknologi penunjang bagi pengendara yang tetap harus mengoperasikan mobilnya. Cruise control disini menjadi fitur yang telah dimiliki mobil pada abad ke-20 melalui kestabilan laju kendaraan.
Kontrol stabilitas elektronk dan ABS juga menjadi beberapa fitur yang dimiliki mobil otonomos jenis. Mobil yang menggunakannya sangat banyak, dari Audi ke Volvo hingga merek Jepang seperti Honda dan Nissan. Modelnya sendiri beragam, ada yang sedan ada juga SUV.

Ini merupakan tipe paling dasar, di mana manusia masih sepenuhnya melakukan kontrol pada kendaraan, mulai dari kemudi, rem, gas. Namun, sudah dilengkapi dengan fitur peringatan.

Level 1
Teknologi otonomos pada mobil jenis ini sudah berkembang dan bisa membantu kita dengan penyetiran dan akselerasi otomatis.tapi, sopir masih tetap harus siap mengambil kendali setiap saat. Namun ada sistem otomatis yang terkadang bisa membantu manusia, misalnya Adaptive Cruise Control (ACC), Parking Assistance with automated steering, dan Lane Keeping Assistance (LKA).


Level 2
Sistem otomatis pada kendaraan benar-benar dapat melakukan beberapa bagian dari kegiatan mengemudi, seperti melakukan percepatan, pengereman dan pengendalian mobil. Namun, manusia masih tetap terus memonitor lingkungan dan melakukan sisa tugas mengemudi. Ketika pengemudi mengambil alih, sistem otomatis akan berhenti mengoperasikan mobil.
Tesla menjadi sebuah pionir dalam kategori ini. Dengan mobil otonomosnya, kita dapat menikmati berkendara otomatis tanpa harus memegang setir. Akan tetapi kadang kala perhatian dibutuhkan utnuk memantau jalanan hingga mengambil alih setir untuk mengemudikan sendiri.

Level 3
Untuk mobil yang masuk di level ini, sistem otomatis yang disematkan, benar-benar dengan baik melakukan beberapa bagian dari tugas mengemudi, bahkan memantau lingkungan, dalam beberapa kasus.
Namun, lagi-lagi, manusia tetap harus siap untuk mengambil kembali kendali, ketika diminta oleh sistem komputer.

Level 4
Sistem otomatis sudah bisa melakukan semua kegiatan berkendara, bahkan manusia yang duduk di belakang kemudi, sudah bisa mengabaikan perjalanan, dan melakukan kegiatan lain. Tapi sistem ini bisa aktif dalam kondisi tertentu, dan benar-benar aman, bukan saat cuaca buruk.

Level 5
Kendaraan yang masuk dalam level ini, sistem otomatis yang disematkan sudah dapat melakukan semua tugas mengemudi yang dilakukan manusia, dan bisa diaktifkan dalam semua kondisi. Mobil sudah bisa menetapkan tujuan, serta aktivasi sistem otomatis sudah tidak memerlukan lagi campur tangan manusia.


EmoticonEmoticon