Pencarian

Thursday, January 12, 2017

Pengertian Syair dan contohnya lengkap dan banyak



Pengertian Syair
Syair merupakan salah satu jenis puisi, kata “ Syair ” berasal dari bahasa Arab syu’ur yang memiliki arti yaitu “ perasaan ”. Untuk Syu’ur ini mulai berkembang menjadi kata Syi’ru yang berarti “ Puisi ” dalam pengertian umum. Syair didalam kesusastraan Melayu merujuk pada pengertian puisi secara umum. Akan tetapi dalam perkembangannya Syair ini telah mengalami perubahan dan medofikasi sehingga syair didesain sesuai dengan keadaan dan situasi yang terjadi. Menurut KBBI, Pengertian Syair ialah puisi lama yang tiap-tiap baitnya terdiri atas empat larik ( baris ) yang berakhir dengan bunyi yang sama.

Ciri-Ciri Syair
  • Untuk tiap baitnya terdiri dari empat baris
  • Pada tiap baris terdiri dari 8 hingga 14 suku kata
  • Pada setiap bait member arti sebagai satu kesatuan
  • Bersajak a-a-a-a
  • Untuk semua baris adalah isi
  • Bahasa berbentuk kiasan
  • Syair berisi tentang nasihat, petuah, dongeng / cerita
Contoh Syair

Syair Panji
Syair panji merupakan Syair pelipur lara yang bertema kisah pengembaraan dan peperangan, selain itu dalam Syair panji pun terdapat unsur kisah percintaan.
Syair panji yang terkenal ialah Syair Ken Tambunan, Syair Ken Tambunan bercerita tentang kisah percintaan Raden Puspa Kencana yang parasnya seperti Bidadari dengan Ken Tambunan.

Syair Romantis

Syair romantis juga berisi cerita pelipur lara yang bertemakan kehidupan para raja, permaisuri dan putri. Syairnya pun banyak yang menceritakan keelokan rupa sang putri.
Contoh syair yang termasuk syair romantis ialah Syair Bidasari, Syair Yatim Nestapa, Syair Abdul Muluk, Syair Sinyor Kosta dan Syair Tajul Muluk.

Syair Kiasan

Syair kiasan merupakan syair percintaan antara ikan, burung, bunga atau buah-buahan. Syair ini disebut juga syair binatang dan bunga-bungaan. Isinya merupakan sindirian atau kiasan terhadap suatu peristiwa.
Misalnya Syair Ikan Terubuk merupakan sayir sindiran bagi anak Raja Melaka yang meminang Putri Siak. Contoh syair ini ialah Syair Burung Pungguk, Syair Kumbang dan Melati, Syair Nyamuk dan Lalat, Syair Buah-buahan.

Syair Sejarah

Syair sejarah merupakan Syair yang berdasarkan pada cerita sejarah, seperti peperangan. Misalnya Syair Perang Mengkasar, mengenai perang yang terjadi di Mengkasar tahun 1668-1669, Syair Kaliwungu mengenai perang di Semarang tahun 1763, Syair Perang Palembang mengenai penyerangan Belanda atas Kota Palembang pada tahun 1819-1821.

Syair Agama

Syair Agama merupakan Syair yang berisi ajaran agama dan nasihat bijak. Hamzah Fansuri ialah tokoh yang pertama kali menulis Syair ini. Contoh Syair Agama ialah Syair Hamzah Fansuri, Syair Perahu, Syair Dagang, Syair Tabir Mimpi dan Syair Raksi ( Syair ramalan kejadian ).


EmoticonEmoticon